Camber

1. Difinisi Camber

Kemiringan roda bagian atas ke dalam atau keluar terhadap garis vertikal jika dilihat dari depan kendaraan

a. Camber Positif (+)

Untitled1Bagian atas miring keluar jika dilihat dari depan kendaraan, sehingga garis vertikal dengan garis tengah roda membentuk  sudut a ( sudut camber “ + “ )

b. Camber Negatif (-)

Untitled2Bagian roda miring ke dalam jika dilihat dari depan kendaraan , sehingga garis vertikal dengan garis tengah roda membentuk sudut a ( sudut “ –  “ )

c. Camber Nol (0)

Untitled3Garis tengah roda sejajar dengan garis vertikal jika dilihat dari depan kendaraan disebut camber 0

2. Fungsi Camber

a. Camber Positif (+)

Untitled4Perpanjangan garis tengah roda akan bertemu pada permukaan jalan “0” sehingga roda akan cenderung menggelinding mengelilingi titik “0” ( rolling camber ). Dengan adanya rolling camber, gaya untuk memutar kemudi menjadi lebih ringan. Camber positif menyebabkan pengemudian menjadi ringan. Penggunaan : Hampir semua jenis kendaraan

b. Camber Negatif (-)

Untitled5Pada camber negatif jarak titik kontak terhadap jalan ( 1 ) dengan titik putar kemudi terhadap jalan ( 2 ) makin jauh. Rolling camber mengarah ke dalam ( 0 ). Arah rolling camber dan jarak titik ( 1 ) dan ( 2 ) menyebabkan gaya ke samping besar. Camber negatif menyebabkan pengemudian berat. Penggunaan : Pada mobil dengan kecepatan tinggi / mobil balap.

c. Camber Nol (0)

Untitled6Pada camber nol, rolling camber tidak ada dan jarak titik 1 dan 2 masih cukup besar. Tidak ada rolling camber dan jarak 1 dan 2 cukup besar menyebabkan stabilitas pengemudian berkurang. Camber nol menyebabkan stabilitas pengemudian berkurang. Contoh penggunaan : Mercy type 2000, 200, 2400, 240 TD, 300 D, 300 TD, 230, Honda Civic 1300, 1500 dan mobil FORD. 

Kesimpulan fungsi camber : Fungsi camber memperingan pengemudian.

3. Pengaruh Camber Terhadap Pengemudian

a. Camber Positif (+)

Untitled7Gaya sejajar sumbu spindel ( Fs ) yang mengarah ke roda menyebabkan reaksi roda menekan ke arah bantalan dalam sehingga reaksi kekocakan ( oblak ) bantalan berkurang. Camber positif mengurangi efek kekocakan bantalan. 

  • Letak beban kendaraan pada spindel mendekati bantalan dalam menyebabkan getaran ditimbulkan spindel diteruskan ke sistem kemudi menjadi kecil
  • Bantalan roda bagian dalam dibuat lebih besar

b. Camber Negatif (-)

Untitled8Gaya sejajar sumbu spindel ( Fs ) yang mengarah keluar dari roda menyebabkan roda ingin lepas dari pengikatnya, reaksi kekocakan bantalan pada roda kemudi bertambah. Camber negatif menyebabkan efek kebebasan bantalan roda bertambah. Letak beban kendaraan pada sumbu spindel mendekati bantalan luar, menyebabkan gaya pada spindel diteruskan ke sistem kemudi bertambah.

c. Camber Nol (0)

Untitled9Bila kendaraan di atas jalan yang berbatu, getaran yang timbul besar. Gaya B langsung diteruskan ke sambungan kemudi dan roda kemudi menjadi bergetar. Camber nol menyebabkan getaran pada roda kemudi besar dan tidak stabil tergantung jarak titik A terhadap sumbu putar kemudi.

4. Letak Beban pada Spindel

a. Camber Positif (+)

Untitled10Keterangan :

F  = Gaya berat kendaraan

Fr = Gaya reaksi ( gaya tegak lurus )

Pada camber positif gaya reaksi ( gaya tegak lurus ) pada poros roda ( spindel ) mendekati sumbu belok kendaraan ( king – pin ). Camber positif dapat memperkecil momen bengkok spindel.

b. Camber Negatif (-)

Untitled11Keterangan :

F   = Gaya berat kendaraan

Fr =  Gaya reaksi ( gaya tegak lurus )

Pada camber negatif gaya reaksi (gaya tegak lurus ) pada poros roda ( spindel ) menjauhi sumbu belok roda ( king – pin ). Camber negatif dapat memperbesar momen bengkok spindel.

5. Besar Sudut dan Perbedaan Sudut Camber

Untitled12Besar Sudut Camber :

Besar sudut camber umumnya : -10 ¸ 3Besar sudut camber yang sering dipakai : 00 ¸ 10

Perbedaan Sudut Camber :

Yang dimaksud perbedaan sudut camber adalah perbedaan sudut camber kiri dan kanan. Perbedaan sudut camber yang diijinkan biasanya ± ½ 0  (30 menit ).

Apa yang terjadi jika perbedaan sumbu camber terlalu besar ? Rolling camber roda kiri menarik lebih kuat sehingga kendaraan berjalan cenderung ke arah kiri.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s